UJIAN ONLINE MTS NEGERI 2 KUDUS

Kudus – Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) di MTs Negeri 2 Kudus tetap berlangsung meskipun ada kebijakan Pandemi Corona. Ujian Madrasah dilaksanakan secara online. Seluruh siswa diminta mengerjakan soal ujian dengan smartphone atau media elektronik lain yang mendukung pelaksanaan ujian di rumah masing-masing. Pengerjaan soal ujian menggunakan aplikasi CBT yang dikembangkan oleh Tim IT MTs Negeri 2 Kudus.

Sebelum Ujian Madrasah (UM) Utama dilangsungkan, dilaksanakan terlebih dahulu Simulasi Ujian yang berlangsung tanggal 4 dan 6 April 2020. Baru kemudian Ujian Madrasah (UM) Utama Moda Daring atau Online dilaksanakan serentak dari tanggal 8 hingga 15 April 2020. Estimasi waktu pelaksanaan Ujian Madrasah yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.30 WIB. Terdapat jeda waktu antara pukul 09.30 WIB hingga 11.00 WIB yang dapat digunakan siswa untuk beristirahat atau melakukan persiapan Ujian Madrasah Mata Pelajaran selanjutnya.

Kepala MTs Negeri 2 Kudus, Drs. H. Khamdi mengatakan, Ujian Madrasah dilakukan secara online untuk menghindari berkumpulnya siswa di Madrasah. Ini merupakan penerapan kebijakan Social Distancing dari pemerintah. Total ada 260 siswa yang mengikuti Ujian Madrasah (UM) Online. Sebelum pelaksanaan, Tim IT MTs Negeri 2 Kudus telah melakukan persiapan matang dan memastikan semua siswa dapat melaksanakan ujian secara lancar, karena ini merupakan pertama kali bagi MTs Negeri 2 Kudus.

Kaitannya dengan pemantauan Ujian Madrasah (UM), MTs Negeri 2 Kudus melakukan pemantauan ujian melalui Server Madrasah. Maka dari itu, seluruh siswa diarahkan wali kelas melalui Whatsapp (WA) group kelas untuk menerima langkah-langkah pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) secara lebih detail.

Meski begitu, masih ada saja kendala yang dihadapi peserta, seperti siswa tidak membaca dan memahami petunjuk dengan baik, terdapat siswa yang mengalami kuis keluar sendiri, padahal belum selesai mengerjakan ujian dan ada beberapa yang mengalami tidak munculnya tombol mengerjakan ujian. Semoga melalui tahapan Simulasi Ujian Madrasah (UM) ini, akan meminimalisasi gangguan atau kendala dalam pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Utama mendatang.

(Annisa)

Facebook Perpus Mtsndua Kudus

Go to top