Print this page

WORK FROM HOME MTS NEGERI 2 KUDUS

Kudus, Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengumumkan pandemi virus COVID-19 di Indonesia. Presiden dalam pidatonya mengintruksikan masyarakat Indonesia mengurangi kegiatan di luar rumah, Termasuk menerapkan sistem kerja Work From Home dan sekolah secara online.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor: SE.4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE.3 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 pada Kementerian Agama, terhitung tanggal 26 Maret 2020 hingga 9 April 2020, MTs Negeri 2 Kudus menerapkan sistem kerja Work From Home atau Kerja Jarak Jauh. Ini merupakan langkah strategis yang diambil untuk pencegahan wabah virus corona yang semakin meluas di Indonesia.

Work From Home atau Kerja Jarak Jauh (telecommuting, remote working) adalah model kerja di mana Pendidik Dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri 2 Kudus memperoleh fleksibilitas dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Wujud nyata Work From Home yang dilakukan oleh MTs Negeri 2 Kudus salah satunya adalah penerapan sistem pendidikan berbasis dalam jaringan dan memanfaatkan Google Classroom.

Meski begitu, terdapat keuntungan yang diperoleh dalam sistem kerja Work From Home atau Kerja Jarak Jauh. Yaitu bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri 2 Kudus memungkinkan terjadi peningkatan kemampuan bekerja di lingkungan yang dekat serta mengurangi kemacetan dan kemungkinan kecelakaan. Work From Home atau Kerja Jarak Jauh juga bisa mengembangkan bakat Pendidik Dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri 2 Kudus, mengurangi dan atau menghambat penyebaran penyakit COVID-19 serta meningkatkan produktivitas kerja.

Di masa depan, Work From Home atau Kerja Jarak Jauh mungkin menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para pekerja, meskipun ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang memang harus dilakukan secara langsung.

(Annisa)